Selamat Datang Di Website Pengadilan Agama Tulang Bawang, Website ini dilengkapi dengan fitur suara atau ATR, untuk membantu penyandang disabilitas, silahkan block tulisan, lalu klik ikon putar suara, terimakasih   Putar Suara Selamat Datang Di Website Pengadilan Agama Tulang Bawang, Website ini dilengkapi dengan fitur suara atau ATR, untuk membantu penyandang disabilitas, silahkan block tulisan, lalu klik ikon putar suara, terimakasih GSpeech
logo mahkamah agung website ramah difable
Putusan Pengadilan Agama Tulang Bawang ... Telusuri Perkara
SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA Keluarga Besar Pengadilan Agama Tulang Bawang mengucapkan, Selamat Menjalankan Ibadah Ramadhan 1439 H atau 2018 M, Mohon Maaf Lahir dan Batin atas segala Khilaf dan Salah, semoga ALLAH SWT menerima Taubat dan Ibadah Kita dan menjadikan Kita Orang-orang yang bertaqwa....Amin..... Lebih lanjut
Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Tulang Bawang Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat ALLAH SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama bisa mewujudkan cita-citanya untk launching Website Resmi Pengadilan Agama dengan alamat www.pa-tulangbawang.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan... Lebih lanjut
SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA Keluarga Besar Pengadilan Agama Tulang Bawang mengucapkan, Selamat Menjalankan Ibadah Ramadhan 1439 H atau 2018 M, Mohon Maaf Lahir dan Batin atas segala Khilaf dan Salah, semoga ALLAH SWT menerima Taubat dan Ibadah Kita dan menjadikan Kita Orang-orang yang bertaqwa....Amin.....
Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.2.0), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Telusuri Perkara
Small Claim Court ( Acara Gugatan Sederhana ) Agar warga negara lancar dalam mengurus usahanya, tentu proses mengurus sengketa bisnis perlu dipersingkat, sehingga tidak membuang waktu serta terbukanya akses bagi masyarakat kecil untuk mendapatkan keadilan di Pengadilan. Semuanya demi asas peradilan yang sederhana, cepat, biaya ringan.
Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP ( Sistem Informasi Penelusuran Perkara), SIADPA ( Sistem Administrasi Perkara Peradilan Agama), SIADTUN (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Tata Usaha Negara), SIADMIL (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Militer), serta sistem pengaduan pada Bagian Pengawasan, sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.
SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1439 H / 2018 M, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN - PENGADILAN AGAMA TULANG BAWANG

banner1 smallbanner2 smallbanner3 smallbanner5

Berita Terkini

 

 

Menggala|pa-tulangbawang.go.id

Sesuai Surat Edaran Nomor : 9 Tahun 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru pada tanggal 22 Oktober 2018 yang bertempat di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara untuk menyaksikan siaran bersama secara langsung dikantor pada chanel mahkamah agung live https://www.youtube.com/chanel/UCOtpmZ2yK7_4n07nbRHDJVQ. Acara nobar ini dihadiri oleh seluruh pegawai PA Tulang Bawang. Acara peresmian dimulai pukul 09.00 WIB  dan dihadiri oleh Sekretaris Mahkamah Agung, Ketua Mahkamah Agung, Bupati Kabupaten Kep. Talaud, Gubernur Sulawesi Utara, Ketua PT/PTA Manado, Ketua PTUN Makasar, Panitera PT Manado/PTA Manado, Sekretaris PT Manado/PTA Manado, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kep. Talaud, Ketua/Wakil Ketua PN/PA Baru serta para Kepala Daerah Kabupaten dari masing-masing PA/PN baru berdiri.

Acara diawali oleh Sambutan Bupati Kep. Talaud mengucapkan terima kasih kepada Ketua Mahkamah Agung dan jajaran atas dibentuknya PN/PA Melonguane yang sudah lama dinanti-nantikan masyarakat Kep. Talaud. Dengan adanya Pengadilan Agama di Nunukan berarti pelayanan masyarakat yang lebih dekat, cepat dan murah bisa segera terwujud, dibanding masa-masa sebelumnya yang harus mengurus kepentingan hukumnya melalui PA/PN di Tahuna Kabupaten Sangihe yang menghabiskan biaya mahal karena sebelumnya Kab Talaud dengan ibukota Melonguane termasuk dalam wilayah hukum PN/PA Tahuna di Kab Sangihe, padahal antara Kab Talaud dengan kab Sangihe terpisah oleh laut. Dua kabupaten tersebut hanya dapat ditempuh dengan transportasi udara dengan rute Talaud-Manado-Sangihe. Selanjutnya Bupati menyatakan Pemerintah Kabupaten Kep. Talaud siap bekerja sama dengan Pimpinan PA/PN Melonguane sesuai dengan tupoksi masing-masing  demi kepentingan masyarakat Kep. Talaud.

Sambutan kedua disampaikan oleh Sekretaris Mahkamah Agung (H. A. Pudjoharsoyo, S.H.) mengatakan 85 pengadilan baru yang dibentuk, masih memiliki keterbatasan sarana dana prasarana dalam operasionalnya, antara lain hanya 15 pengadilan yang tanahnya telah berstatus bersertifikat an. MA RI, 26 pengadilan berstatus hibah Pemda setempat, 26 pengadilan dalam proses hibah tanah oleh Pemda setempat, 15 pengadilan berstatus pinjam pakai tanah dari Pemda setempat bahkan terdapat 3 pengadilan berstatus belum ada alokasi tanahnya (dalam proses pengadaan). Untuk prasarana gedung kantor pengadilan terdapat 68 pengadilan yang gedungnya berstatus pinjam pakai Pemda setempat, 11 pengadilan  menggunakan asset bangunan dari pengadilan terdekat (zitting plat), 3 pengadilan yang berstatus hibah dari Pemda setempat, 3 pengadilan yang berstatus  sewa dari pihak lain dan 1 pengadilan berstatus pinjam pakai dari Kementerian/Lembaga setempat.

Demikian pula untuk sarana meubelair kantor pengadilan terdapat 78 pengadilan yang meubelairnya berstatus pinjam pakai, 6 pengadilan berstatus dalam proses pengadaan dan 1 pengadilan berstatus hibah. Untuk alat pengolah data (berupa PC dan Printer) terdapat 72 pengadilan berstatus pinjam pakai dari pemda setempat, 10 pengadilan berstatus sedang dalam proses pengadaan, 2 pengadilan berstatus transfer dari satker pengadilan sekitarnya dan 1 pengadilan berstatus hibah, sementara untuk kendaraan dinas ( roda dua dan roda empat) terdapat 69 pengadilan berstatus pinjam pakai Pemda setempat dan pengadilan induk (terdekat) dan 15 pengadilan berstatus dalam proses pengadaan 1 pengadilan berstatus hibah.

Meskipun sarana dan prasarana pendukung operasional pengadilan baru masih serba terbatas, sesuai arahan Ketua MA, hal tersebut tidak menjadi alas an bagi aparatur pengadilan untuk tidak memberikan layanan dan semua pengadilan yang baru dibentuk bertekad untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pencari keadilan diseluruh pelosok Indonesia untuk mewujudkan Justice For All, sembari dalam waktu bersamaan Mahkamah Agung terus berupaya mengajukan permohonan anggaran untuk membangun kantor dan melengkapi infrastruktur pengadilan secara bertahap kedepannya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya beliau mengharapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kep. Talaud dan masyarakat Kabupaten Kep Talaud, agar keberadaan Pengadilan di Melonguane ini dapat bermanfaat dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Kep Talaud dalam melayani kepentingan hukum masyarakat di sini.

Acara diakhiri dengan peresmian 85 pengadilan baru di seluruh Indonesia oleh Ketua MA RI (Prof.Dr.Muh.Hatta Ali, SH., MH). Beliau meresmikan 3 Badan Peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama, 3 (tiga) Mahkamah Syariah dan 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara. Untuk personel pengadilan akan dilantik 997 personel yang terdiri dari: 283 orang hakim dan 694 orang kepaniteraan dan kesekretariatan.

Beliau juga menyampaikan bahwa terbentuknya pengadilan baru tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan pengadilan di suatu daerah yang wilayah administrasinya mengalami pemekaran, namun yang lebih penting adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan yang domisilinya jauh dari lokasi pengadilan. Kendala geografis diwilayah-wilayah tertentu seringkali menyulitkan bagi para pencari keadilan untuk bisa datang langsung ke pengadilan, baik karena jarak antara pengadilan dengan tempat tinggal para pencari keadilan yang sangat jauh atau disebabkan karena kondisi alam yang sulit dilalui oleh alat transportasi, baik darat laut maupun udara, sehingga pada daerah-daerah tertentu untuk bisa sampai ke pengadila memerlukan perjuangan yang sangat berat dan biaya cukup besar. Beliau berharap dengan berdirinya pengadilan-pengadilan baru tersebut dapat memberikan kemudahan akses keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, agar dapat mewujudkan prinsip penyelenggaraan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan.

Acara peresmian ditandai dengan pembunyian sirine secara simbolis oleh Sekretaris MA RI, Ketua MA RI, Bupati Kep. Talaud, dan Gubernur Sulut.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas