logo1

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP PA TULANG BAWANG

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP PA TULANG BAWANG

JADWAL SIDANG

jwdl sdngPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

INFORMASI PERKARA

sippabc

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

DIREKTORI PUTUSAN

put dir

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.

BIAYA PERKARA

pnjr

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

judge1

Sesuai dengan amanat dari Mahkamah Agung dan juga untuk menjawab tuntutan dari masyarakat luas mengenai ketersediaan akses yang terbuka dan transparan dari lembaga peradilan, Pengadilan Agama Tulang Bawang bertekad untuk membuka akses kepada publik sehingga diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi sesuai yang diharapkan.Dengan hadirnya website ini diharapkan dapat menunjang program transparansi informasi Peradilan dan sebagai implementasi dari Undang Undang Republik Indonesia Nomor : 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan SK KMA Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan, khususnya informasi tentang proses peradilan, jadwal sidang, publikasi putusan, sarana dan prasarana serta informasi lain yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang mencari keadilan.

 Audit Surveillance

hari pertama

Setelah pada tahun 2017 yang lalu, Pengadilan Agama Tulang Bawang berhasil mendapatakan predikat “A Excellent” pada Akreditasi Pengadilan Agama yang dilakukan oleh Tim SAPM (Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu) Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang pada Tahun 2018 SAPM di ubah menjadi TPM (Tim Penjamin Mutu), tahun 2018 ini Pengadilan Agama Tulang Bawang juga akan mendapatkan Audit Surveillance dari Tim TPM Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung. Audit Surveillance ini menilai apakah Pengadilan tersebut mampu mempertahankan predikat yang sudah didapatkan pada penilaian SAPM sebelumnya, ataukah ada penurunan predikat nilai SAPM, tentunya semua itu dinilai dari keseluruhan komponen dari Pengadilan Agama itu sendiri.

TIM TPM Pengadilan Agama Tinggi Agama Bandar Lampung beranggotakan 5 Orang yaitu Dr. Syaril, S.H.,M.H., Drs. Erwin Romel, M.H., Yos Rinaldo syarif, S.H., M.H., Hardini Tawangsari, Ssi, M.H., Arif Amrullah, A.Md., yang dipimpin oleh Assesor External PTA Bandar Lampung Drs. Erwin Romel, M.H.,, Audit Surveillance ini diselenggarakan 3 hari (14-16 November 2018).

Hari pertama ;

Audit Surveillance ini tiba hari rabu (14/11) pada pukul 08.30. yang disambut langsung oleh Wakil PA Tulang Bawang H. Soleh Lc MA. Dan ramah tamah penyambutan tamu di ruang ketua PA Tulang Bawang. Setelah selesai ramah tamah, PA Tulang Bawang mengadakan Penyambutan di ruang sidang.

Acara tersebut diawali dengan pembukaan dimana yang bertugas sebagai MC yaitu Evi Andriani, S. Ag, dilanjutkan dengan membaca doa, menyanyikan lagu wajib, dan sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama di sampaikan oleh H. Soleh, Lc MA, dalam sambutannya pak soleh mengepresiasikan kerja keras seluruh Pegawai PA Tulang Bawang dalam menyelesaikan administrasi TPM dengan waktu yang sangat singkat yaitu 3 hari kerja ditambah lembur pada malam harinya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh WAKA PTA Bandar Lampung (Dr. Syaril, S.H.,M.H.,), dalam sambutannya waka PTA menyampaikan :

  1. Menjelaskan tentang bagaimana cara mempertahankan Nilai A Excelent
  2. Menjelaskan tentang Perubahan SAPM menjadi TPM

Sambutan yang ketiga disampaikan oleh Asesor External TPM PTA Bandar Lampung Lampung (Erwin Romel), inti dari sambutan tersebut menitik beratkan monitoring ke sub bagian antaranya :

  1. Titik tekan implementasi SOP;
  2. Melakukan Evaluasai Kerja;
  3. Pengukuran SOP dengan realitas kerja

hari kedua

Hari Kedua:

TIM Asesor external mulai meneliti kelengkapan berkas dan Pengukuran SOP dengan Realita kerja Pengadilan Agama Tulang Bawang, dimana dari TIM Assesor External ini dibagi menjadi 3 Tim.

Tim pertama (erwin Romel) yang mengkordinir Kinerja Kepaniteraan dan jajaran dibawahnya, baik dari formulir, SOP, eviden dan pengukuran SOP dengan kenyataan waktu kerja.

Tim Kedua (Yos dan Dini) yang mengkordinir kinerja Kesektariatan dan jajaran dibawahnya baik dari formulir, SOP, eviden dan pengukuran SOP dengan kenyataan waktu kerja.

Tim ketiga (WAKA PTA) yang mengkordinir kinerja Manajemen baik dari formulir, SOP, eviden dan pengukuran SOP dengan kenyataan waktu kerja.

Hari Ketiga:

hari ketiga

Closing Meeting;

Dilaksanakan di ruang rapat PA Tulang Bawang, acara pertama adalah pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu padamu negeri dan di lanjutkan lagi dengan Doa’ setelah Doa, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama di sampaikan oleh Wakil PA Tulang Bawang, dalam sambutannya H. Soleh Lc MA menyampaikan Terimakasih atas pembinaan yang dilakukan TIM Assesor External TPM di PA Tulang Bawang dan mengucapkan maaf jika PA Tulang Bawang mempunyai kekurangan disana-sini, insyaallah dilakukan perbaikan.

Sambutan yang kedua yang disampaikan oleh Ketua TPM (Mukrom, S.HI., M.H.), beliau mengucapkan Terimakasih atas pendampingan dan pembinaan yang dilakukan TIM Survilence dan mohon maaf jika dalam 3 hari ini kami mempunyai banyak kekurangan

Sambutan yang ketiga Assesor, sambutan ini membahas tentang pokok / point yang harus segera dibenahi, diantaranya:

  1. Pada area RB (reformasi birokrasi, diharapkan PA Tulang Bawang membuat TIM PMPRB
  2. Pada panitera Muda Hukum di buatkan buku / lembar pengawas bidang
  3. Lebih Teliti Dalam penyusunan SKP
  4. Perbaikan dalam membuat SOP
  5. Register, Buku Induk segera diperbaiki.

GEDUNG

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

            Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE