Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 28

Kegiatan Rutin Mingguan Tausiyah Ba'da Ashar di Pengadilan Agama tulang Bawang

IMG 20190925 WA00091

                 Pada Sore Rabu yang tenang, tanggal 26 September 2019, Pengurus Mushalla Al-Mahkamah Pengadilan Agama tulang Bawang menginisiasi kegiatan tausiyah rutin mingguan yang dilaksanakan setelah shalat ashar berjamaah. Pada kesempatan yang berbahagia ini tausiyah diisi oleh Bapak Hakim YM Yunanto, S.H.I., M.H. yang menyampaikan materi kajian tentang cinta, tentang makna berkasih sayang terhadap sesama. Beliau menyampaikan sebuah hadis Nabi yang berbunyi :

اِرْحَمُوا مَنْ فىِ الاَرْضِ يَرْحَمُكُمْ مَنْ فىِ السَّمَآءِ

Artinya :

"Sayangilah siapapun yang ada di bumi, niscaya siapapun yang ada di langit akan menyayangimu"

Konsep kasih sayang disini bersifat universal tanpa dibatasi sekat dan pembatas, sebagaimana Kanjeng Nabi sendiri yang diutus sebagai Rahmatan Lil Alamin, tidak terkhusus bagi golongan tertentu dan pihak tertentu. Walaupun secara historis Kanjeng Nabi berasal dari Arab namun bukan berarti kasih sayang dan cinta yang dibawanya hanya untuk orang Arab. Ukhuwah yang diajarkanpun tidak sebatas ukhuwah islamiyah sebagai sesama Umat Islam, tetapi juga ada ukhuwah wathaniyah sebagai sesama warga negara, dan yang lebih global lagi ukhuwah insaniyah sebagai sesama anak cucu Adam.

                Jadi selain Mazhab Fiqh yang memang berbeda dalam amaliyah satu sama lainnya, juga harus ada Mazhab Cinta yang tiada memandang perbedaan apapun jua, sehingga benih-benih cinta itu bisa tumbuh di setiap dada umat manusia, tanpa memandang SARA. Dan pedoman berperilaku kita sebagai manusia juga harus berlandaskan cinta, berbuat dengan cinta, berinteraksi dengan cinta, memandang dengan cinta, mendengar dengan cinta. Demi mewujudkan Persatuan dan Kesatuan serta menjunjung Persaudaraan.

                Terlebih sebagai Umat Islam yang harusnya paling memahami makna Rahmatan Lil alamin, kita harus benar-benar bisa mengaplikasikan dan mengimplementasikan makna kasih sayang tersebut sehingga kita bisa menjadi Ummat terbaik. 

IMG 20190925 WA00101

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL